MONIKA
( Monopoli Matematika )
Alat peraga merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Terdapat banyak sekali alat peraga dan salah satu alat peraga yang kami buat yaitu MONIKA ( monopoli matematika ) suatu permainan monopoli yang biasa dimainankan oleh anak-anak pada umumnya. Pada monika ini kami kemas agar dapat menjadi bahan evaluasi pemahaman siswa pada materi matematika. Monika yang kami buat saat ini menggunakan materi bangun datar dan lingkaran. Melalui permainan ini diharapkan siswa dapat memperdalam pengetahuannya tentang bangun datar dan lingkaran secara menyenangkan dan tidak membosankan.
Cara Membuat Monika :
a. Alat
1. Curter
2. Gunting
3. Penggaris
b. Bahan
1. Karton
Padi
2. Karton
Putih
3. Kertas
warna atau origami
4. Double
tip
5. Lem
kertas
6. Dadu
7. Uang
mainan
8. Gabus
9. Pion
Langkah-Langkah
Pembuatan Monika :
1. Membuat
desain gambar sesuai rencana .( 16 kotak dengan sisi sama panjang masing-masing 8 cm )
2. Memotong
karton padi sesuai ukuran yang diinginkan
3. Memotong
kertas warna menjadi bentuk persegi dengan panjang sisi 8 cm
4. Menempelkan
setiap kertas warna di atas karton padi yang sudah digunting. Karna di dalam
monopoli terdapat kartu kesempatan dan dana umum maka Aturan penggunaan kertas
warnanya tidak sembarangan .Misal kartu kesempatan berwarna merah dan kartu
dana umum berwarna hijau dan Kotak yang lain berisi soal-soal terkait bangun
datar serta elemen-elemen lain misalnya saja Start , Free Parking ,Go To Jail
yang diletakkan di setiap sudut bagian monooli matematika
5. Memotong
gabus sama bentuknya dengan MONIKA pada karton padi
6. Menempelkan
MONIKA yang telah jadi tadi di atas gabus dengan menggunakan lem kertas
7. Memasang
list pada setiap kotak .List yang dimaksud adalah pertanyaan serta hadiah yang
didapat jika mampu menjawab soal yang tertera pada monika
8. Finishing
, yaitu mengecek kembali apakah monika sudah dapat digunakan atau tidak ,serta
penyempurnaan MONIKA
Aturan Permainan :
1. Sebelum
bermain ,setiap anggota mendapat uang dari pihak Bank dengan rincian sebagai
berikut :
Rp 100.000 @1 lembar
Rp 50.000 @ 2 lembar
Rp 20.000 @ 5 lembar
Rp 10.000 @ 5 lembar
2. Permainan
dimulai dengan melemparkan dadu .Apabila seorang pemain memperoleh angka dadu
tertinggi dari lawannya maka ia berhak memulai permainan duluan.
3. Setiap
pemain wajib mengelilingi satu kali putaran penuh setelah itu baru bisa menjawab
soal yang ditanyakan
4. Pemain
harus menjawab pertanyaan tiap kali Pion mendarat di salah satu kolom.Jika
pemain bisa menjawab pertanyaan dari Banker , maka pemain berhak membeli atau
tidak kolom tersebut.
5. Jika
pemain berhenti di kolom milik pemain lain , maka permainan tersebut mendapat
pertanyaan dari pemilik tanah .Bila pemain bisa menjawab pertanyaan maka ia
berhak melempar dadu .Namun , apabila ia tidak dapat menjawab maka ia harus
membayar sewa tanah secar utuh.
6. Bagi
para pemain yang berhenti pada wilayah penjara, harus membayar denda sebesar RP
50.000
7. Jika
pemain berhenti di kolom kesempatan atau dana umum , pemain wajib mengambil
satu buah kartu yang telah tersedia
8. Permainan
akan selesai apabila hanya tersisa satu orang pemain atau pemain yang mempunyai
banyak harta.
Macam-macam alat peraga matematika :
( Tali )
( DAKONMATIKA )
( TRIANGLES )
( ULTRA-3D ular tangga 3 dimensi )
( Mading Linier )
( PANTIK - Papan Statistik )
( RBD - Roda Bangun Datar )
( Teotema Pythagoras )
( MATH DOMINO )
Itulah sekilas tentang alat peraga matematika. semoga bermanfaat ^.^
3 komentar:
bagus vitak, apalagi vitak masukin juga alat peraga kelompok lain tapi kalau boleh saran cantumin juga pendapat vitak tentang alat peraga yang dibuat teman-teman, semangat vitak :)
blognya sudah bagus vitak untuk sarannya sama seperti aisyah . semangat vitak :D
Bener yang dibilang aisyah ,vitak lampiran secara ringkas saja mengenai alat peraga kelompok lain heheh
Tapi sudah sangat persuasif kok
From opening until closing so far so good
Semangat vitak
Posting Komentar